STRATEGI MEMBUAT KARYA TULIS ILMIAH ( KTI )

 

 

STRATEGI MEMBUAT KARYA TULIS ILMIAH (KTI)

 

Oleh : H. Yasir Arafat,M.Pd

 

 

 

A.    Pendahuluan

 

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang merupakan bagian dari Karya Tulis Ilmiah (KTI) semakin menjadi trend untuk dilakukan oleh para profesional sebagai upaya pemecahan masalah dan peningkatan mutu di berbagai bidang. Awal mulanya PTK ditujukan untuk mencari solusi terhadap masalah sosial (pengangguran, kenakalan remaja, dan lain-lain) yang berkembang di masyarakat pada saat itu.

PTK dilakukan dengan diawali oleh suatu kajian terhadap masalah tersebut secara sistematis. Hal kajian ini kemudian dijadikan dasar untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam bidang pendidikan khususnya kegiatan pembelajaran, PTK berkembang sebagai suatu penelitian terapan. PTK sangat bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran dikelas. Dengan melaksanakan tahap-tahap PTK, guru dapat menemukan solusi dari masalah yang timbul di kelasnya sendiri, bahkan kelas orang lain, dengan menerapkan berbagai ragam teori dan teknik pembelajaran yang relevan secara kreatif.

Selain itu sebagai penelitian terapan, disamping guru melaksanakan tugas utamanya mengajar di kelas, tidak perlu harus meninggalkan siswanya. Jadi PTK merupakan suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh guru di lapangan. Dengan Melaksanakan PTK, guru mempunyai peran ganda: praktisi sekaligus peneliti (www.adelia.web.id/Feb 2016)

 

B.     Pengertian

Karya ilmiah (scientific paper) merupakan laporan tertulis dan diterbitkan yang memaparkan hasil penelitian atau pengkajian yang telah dilakukan oleh seseorang atau sebuah tim dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang dikukuhkan dan ditaati oleh masyarakat keilmuan.

Ada berbagai macam dan jenis karya ilmiah, antara lain: laporan penelitian (PTK), makalah seminar atau simposium dan artikel jurnal yang pada dasarnya kesemuanya itu merupakan produk dari kegiatan ilmuwan. Data, simpulan dan infromasi lain yang terkandung dalam karya ilmiah tersebut dijadikan acuan bagi ilmuwan lain dalam melaksanakan penelitian atau pengkajian selanjutnya (www.wikipedia.org./Feb 2016).

 

C.    Karakteristik Karya Ilmiah

Karakteristik karya ilmiah yang membedakannya dengan tulisan nonilmiah, antara lain:

1.      Mengacu pada teori sebagai landasan berpikir dalam pembahasan masalah.

2.      Lugas, tidak emosional, bermakna tunggal dan tidak menimbulkan interpretasi lain.

3.      Logis, disusun berdasarkan urutan yang konsisten.

4.      Efektif, ringkas dan padat.

5.      Efisien, hanya mempergunakan kata atau kalimat yang penting dan mudah dipahami.

6.      Objektif, berdasarkan fakta dan setiap informasi dalam kerangka ilmiah selalu apa adanya.

7.      Sistematis, baik berkenaan dengan tulisan maupun pembahasan.

8.      Sesuai prosedur yang berlaku

 

D.    Strategi yang perlu diperhatikan :

1.      Pahami Teknis dan Prosedur Pembuatan KTI/PTK

Dengan memahami teknis dan prosedur pembuatan KTI/PTK dapat memudahkan dalam pembuatan KTI/PTK

2.      Kumpulkan referensi yang berhubungan dengan Pembuatan KTI/PTK

Referensi yang relevan dengan pembuatan KTI/PTK merupakan syarat mutlak yang “wajib” disiapkan.

3.      Menulis sesuai dengan format isian

Tulislah sesuai yang telah ditentukan agar diterima oleh yang menilai.

4.      Mengembangkan format isian menjadi sebuah KTI/PTK

Format hanya sebagai frame, selanjutnya penulis dipersilakan mengembangkan sesaui dengan kebutuhan penulisan KTI/PTK.

5.      Merevisi/mengedit tulisan yang sudah dibuat dalam bentuk KTI/PTK

Melakukan revisi/ editing sangat penting, agar bisa meminimalisir kekurangan.

6.      Menyelesaikan tulisan dalam bentuk KTI/PTK

Selesaikanlah tulisan sesuai dengan bentuk tulisan KTI/PTK  

 

E.     Publikasi Ilmiah

Ada sepuluh (10) bentuk publikasi ilimiah sebagaimana yang tercantum dalam Permenpan dan RB No.16 tahun 2009 di Buku 4. Secara lengkap dapat dilihat di bawah ini:

1.      Presentasi di forum ilmiah (terdapat di halaman 18-20)

Yaitu : makalah di pertemuan ilmiah dan isi makalah sesuai dengan Tupoksi

Bukti Fisik Agar bisa di Nilai AK:

1. makalah yang sudah disajikan pada pertemuan ilmiah ( asli )

2. disyahkan oleh kepala sekolah/surat tugas

3. ada  keterangan/sertifikat/piagam/surat undangan sebagai pembicara  dari panitia  pertemuan ilmiah

         Angka Kreditnya = 0,2

2.      Hasil Penelitian (PTK) (terdapat di halaman 22)

          Yaitu : Bagian Awal  :  halaman judul; lembaran persetujuan; kata pengantar; daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, lampiran, serta abstrak.

          Bagian Isi :

      Bab I Pendahuluan yang menjelaskan tentang Latar Belakang Masalah, Identifikasi masalah,  Perumusan Masalah , Hipotesisi Tindakan, Tujuan PTK  dan Kemanfaatan Hasil Penelitian

      Bab II  Kajian / Tinjauan Pustaka

      Bab  III  Metode Penelitian

      Bab   IV  Hasil dan Pembahasan Penelitian

      Bab   V  Simpulan dan Saran-Saran.

          Bagian Penunjang :  daftar pustaka dan lampiran-lampiran yang selangkap-lengkapnya

Bukti Fisik Laporan PTK agar dapat dinilai AK :

1. Laporan  penelitian  disertai  berita acara  seminar

2.  Lembar pengesahan pimpinan/ Kepsek

3.  Berita acara berisi keterangan tentang, waktu, tempat, peserta, notulen seminar, dan

         dilengkapi dengan daftar hadir peserta.

4.  Ditandatangi oleh panitia seminar sekolah dan kepala sekolah.

5.  Peserta seminar minimal 15 guru disekolahnya dan atau  yang berasal dari minimal 3

          sekolah yang setingkat.

Angka Kreditnya = 4

3.      Tinjauan ilmiah

Karya tulis guru tentang  ide/gagasan mengatasi berbagai masalah pendidikan formal dan pembelajaran yang ada di satuan pendidikannya (di sekolahnya).

Bukti fisik agar dinilai AK:

makalah asli / foto kopi dengan  pernyataan keaslian dari kepala sekolah yang disertai tanda tangan kepala sekolah dan cap sekolah.

Angka Kreditnya : 2

 

Kerangka isi Artikel Jurnal Ilmiah ( Jurnal Pendidikan )ISSN

ž  Judul

ž   Abstrak

ž   Pembahasan

ž   Simpulan

ž   Daftar Pustaka

ž  Cukup minimal 7 hal maksimal 10 hal

 Bukti Fisik agar dinilai AK :

 1. Jurnal asli.

 2. Surat Keterangan Kamad.

Tingkat Nasional Angka Kreditnya:  3

Tingkat Provinsi Angka Kreditnya:   2

Tingkat Kabupaten Angka Kreditnya : 1

 

4.      Tulisan ilmiah populer

a. Tulisan yang dipublikasikan di media masa (koran, majalah).

b. Berisi pengetahuan, ide, gagasan pengalaman penulis yang menyangkut  bidang pendidikan

        pada satuan pendidikan penulis bertugas.

C. Kerangka isin ilmiah populer  disesuaikan dengan persyaratan atau kelaziman dari media

         masa yang akan mempublikasikan tulisan tersebut.

        Bukti fisik agar mendapat AK :

1)          Guntingan  tulisan dari media masa  yang memuat karya ilmiah penulis, dengan pengesahan dari kepala sekolah.

2)          Pada guntingan media masa itu harus jelas nama media masa serta tanggal terbitnya.

3)          Bila berupa poto-copy harus ada pernyataan dari kepala sekolah yang menyataan keaslian

Untuk tingkat nasional angka kreditnya : 2

Untuk tingkat provinsi angka kreditnya : 1,5

 

5.      Artikel ilmiah (non penelitian)

Tulisan gagasan atau tinjauan ilmiah dalam pendidikan formal dan pembajaran di satuan pendidikannya yang dimuat di jurnal ilmiah

Bukti fisik agar dinilai :

Jurnal ilmiah asli  ada nomor  ISSN, keterangan akreditasi untuk tingkat nasional,  keterangan bila jurnal tersebut diterbitkan di tingkat propinsi atau kabupaten/kota, atau tingkat lokal (kabupaten /kota/ sekolah/ madrasah) dan Surat Keterangan dari Kepsek.

Angka kredit untuk tingkat nasional terakreditasi: 2

Tidak terakreditasi : 1,5

Untuk tingkat Kota/Kabupaten : 1

 

6.      Buku pelajaran

7.      Modul/diktat

Modul disusun sedemikian rupa sehingga pembacanya dapat menyerap sendiri materi

Diktat  untuk mempermudah/ memperkaya materi mata pelajaran/ bidang studi

KERANGKA MODUL

q   Judul

q   Pembahasan Materi untuk siswa

q   Petunjuk Untuk Siswa

q   Ada Lembar Kerja Siswa

q   Soal Latihan

q   Kunci  Jawaban

q   Pegangan Totur bila ada…..

Bukti Fisik : 1. Surat Keterangan Kepsek. dan 2. Buku Modul Asli

Angka kredit Modul / Diktat

Tingkat provinsi: 1,5

Tingkat Kabupaten/Kota:1

           Tingkat Sekolah : 0,5

8.      Buku dalam bidang Pendidikan

Isinya  tidak hanya untuk siswa dapat berupa informasi pengetahuan  dalam bidang pendidikan

Bukti fisik agar dinilai AK:

§  buku asli atau fotokopi  yang secara jelas menunjukkan nama penulis

§  secara jelas menunjukkan nama penerbit, tahun diterbitkan, serta keterangan-keterangan lain

§  Surat Keterangan Kasek

Angka kreditnya:  

§  Buku dicetak penerbit ber ISBN:           3

§  Buku tidak ber ISBN :1,5

 

9.      Karya terjemahan

Yaitu penerjemahan  buku untuk menunjang proses pembelajaran

Bukti fisik agar dinilai AK:

§  asli/ fotokopi yang menunjukkan nama buku yang diterjemahkan dan nama penulis

§  surat pernyataan dari kepala sekolah/madrasah  yang menjelaskan perlunya karya terjemahan untuk menunjang proses belajar mengajar

Angka Kreditnya : 1

 

10.  Buku pedoman guru

Yaitu berisi rencana kerja guru dalam setahun mendatang dapat dipakai oleh Kepala Sekolah untuk mengevaluasi kinerja guru yang bersangkutan.

Bukti fisik agar dinilai AK:

Pedoman Kerja Guru   yang menunjukkan nama penulis dan tahun rencana kerja.

dilengkapi dengan pernyataan keaslian dari kepala sekolah yang disertai tanda tangan kepala sekolah dan cap sekolah. 

Angka kreditnya: 1,5

 

 

 

F.     Simpulan

Setiap orang mempunyai potensi menulis, tinggal bagaimana mengembangkan potensi tersebut dengan baik. Selain itu harus memahami Permenpan dan RB No.16/2009 terutama buku 4 tentang Publikasi Ilmiah, kemudian menerapkan strategi cepat dalam menulis KTI, yang meliputi:

 

1.      Pahami Teknis dan Prosedur Pembuatan KTI

2.      Kumpulkan referensi yang berhubungan dengan Pembuatan KTI/PTK

3.      Menulis sesuai dengan format isian

4.      Mengembangkan format isian menjadi sebuah KTI/PTK

5.      Merevisi/mengedit tulisan yang sudah dibuat dalam bentuk KTI/PTK

6.      Menyelesaikan tulisan dalam bentuk KTI/PTK

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

lampiran

 

LATIHAN PRAKTIK PEMBUATAN

KARYA TULIS ILMIAH (PTK)

 

1.      Untuk Meningkatkan apa …………………………………………………………………………………

2.      Menggunakan model/metode/teknik apa ……………………………………………………….

3.      Pokok bahasan/materi pembelajaran apa ………………………………………………………

4.      Mata pelajaran apa ………………………………………………………………………………………..

5.      Siswa kelas berapa …………………………………………………………………………………………

6.      Jenjang Sekolahnya ………………………………………………………………………………………..

7.      Kota / Kabupaten apa …………………………………………………………………………………….

8.      Tuliskan 3 alasan mengapa Bapak/ibu mempermasalahkan hal tersebut?

a.       ……………….

b.      …………………

c.       ………………..

9.      Tuliskan 3 DATA, BUKTI, LAPORAN yang dapat dipakai untuk memperkuat alasan tersebut?

a.       ………………..

b.      ………………..

c.       ………………..

10.  Tuliskan tujuan dari kegiatan PTK yang Anda lakukan.

a.       ………………….

b.      ………………….

c.       ……………………

11.  Tuliskan manfaat dari kegiatan PTK yang Anda lakukan.

a.       …………………

b.      …………………

c.       …………………

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Datar Pustaka

 

 

Permenpan dan RB No.16 tahun 2009 (Buku 4)

Suharsimi Arikunto, 2000.Penelitian Tindakan. Jakarta.

_______________,dkk,2010. Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta.

Suhardjono,2010.Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta.

www.adelia.web.id/Feb 2016

www.wikipedia.org./Feb 2016

www.uui.ac.id/Feb 2016

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                          

 

 

 

Berita Lainnya