logo-responsive

KEGIATAN CARAKA MALAM DIKLAT LATSAR CPNS BDK BANJARMASIN 2019

    Salah satu materi kegiatan yang dilaksanakan dalam Diklat LATSAR CPNS pada BDK Banjarmasin tahun 2019 adalah Caraka malam. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan dan membina mental, disiplin, kerjasama, bela negara, keberanian, keteguhan, dan ketaatan pada tata aturan.

      Kegiatan Caraka Malam ini terdiri dari pelepasan para peserta Diklat Latsar seorang demi seorang melalui / meniti jalur lintasan yang sudah disiapkan sebelumnya oleh panitia penyelenggara dan para pendamping ( TNI-Polri ). Jalur lintasan ini melalui jalan setapak, lereng terjal, semak, dan berbagai medan berat lainnya. Disetiap lintaan tersebut sudah dijaga dan diawasi oleh panitia penyelenggara dan pendamping untuk menjaga keamanan dan keselamatan. Sepanjang jalur lintasan dibuat Posko panitia yang digunakan untuk menguji mental, keberanian, pemahaman bela negara dan disiplin peserta diklat.

   Seperti pada Diklat LATSAR CPNS Angkatan 13, 14, dan 15, Kegiatan Caraka Malam titik Point Start dimulai dari Kecamatan Cempaka dan Titik Finish / kumpul seluruh peserta diklat adalah di Lapangan Latihan Tembak TNI AD Kodim 1006 Banjar di wilayah Kota Banjarbaru. Kegiatan ini dilaksanakan mulai pukul 20.00 Wita hingga 02.00 Wita.

    Pada akhir kegiatan caraka malam dilaksanakan Upacara dan Pengucapan Janji Suci para CPNS untuk menjadi Pembela Negara NKRI dan menjadi Abdi Negara yang mengabdi dan melayani rakyat Indonesia sesuai dengan tugas jabatan yang diemban dengan penuh disiplin, integritas, komitmen, dan profesional. Upacara tersebut juga diikuti oleh seluruh panitai pelaksana, Tim Pendamping dari TNI / Polri serta dipimpin langsung oleh Kepala BDK Banjarmasin sebagai Inspektur Upacara.

Berikut video cuplikan Jalannya kegiatan upacara Janji Suci Diklat LATSAR CPNS oleh BDK banjarmasin .