logo-responsive

PENUTUPAN DIKLAT PENYULUH AGAMA NON PNS ANGKATAN 66 s.d 69 BDK BANJARMASIN

      Tanggal 29 Juli 2019 merupakan hari terakhir pelaksanaan Diklat Teknis Subtantif Penyuluh Agama Non PNS sebanyak 4 angkatan yaitu angkatan 66.67.68. dan 69. Setelah selama 6 hari kegiatan diklat yang dimulai tanggal 24 Juli 2019 lalu. Selama 6 hari mengikuti diklat seluruh peserta diklat telah mengikuti pembelajaran sebanyak 63 Jam Pertemuan yang terdiri dari materi dasar, materi penunjang, dan materi inti yang berhubungan dengan tugas dan fungsi sebagai penyuluh agama yang disampaikan oleh narasumber – narasumber dari Widyaiswara BDK Banjarmasin, unsur POLRI, Pejabat Balitbang Diklat Kemenag Pusat, Kepala BDK Banjarmasin, dan unsur pejabat Kanwil Kemenag Propinsi Kal-Sel, dan  Kemenag Kabupaten / Kota

      Bertempat di aula utama BDK Banjarmasin, dilaksanakan acara Penutupan Diklat Teknis Subtantif Penyuluh Agama Non PNS 4 angkatan 66.67. 68. dan 69 yang berlangsung mulai tanggal 24 s.d 29 Juli 2019. Sebanyak 144 orang peserta diklat yang berasal dari 4 propinsi Kalimantan Selatan, Timur, Tengah, dan Utara. Para peserta diklat juga berasal dari berbagai agama yaitu Islam, Kristen, Katolik,Hindu, dan Budha.

        Acara penutupan ini dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan ‘Indonesia Raya’ dan dilanjutkan dengan lagu nasional ‘Syukur’..Setelah itu dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur’an dan penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan peserta diklat.

       Setelah itu Kepala Seksi Diklat Tenaga Administrasi BDK Banjarmasin Dra. Erna Zainah, MM menyampaikan Laporan Akhir pelaksanaan diklat ini. Dalam penyampaianya beliau menjelaskan tentang kondisi pelaksanaan diklat mulai dari  peserta,narasumber,waktu pembelajaran,keaktifan peserta, anggaran / keuangan, sarana prasarana, serta penilaian akhir para peserta diklat.

      Sehubungan dengan hal penilaian akhir peserta diklat, beliau menjelaskan bahwa penilaian peserta dilakukan dengan mengacu berbagai aspek penilaian sesuai ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Badan Litbang Dan Diklat Kemenag RI dan terinput secara online melalui aplikasi Simdiklat.  Penilaian tersebut antara lain menyangkut aspek kedisiplinan, pengetahuan, keaktifan, keterampilan,dan penyelesaian tugas.

      Dari hasil penilaian yang telah dilakukan oleh seluruh paniia diklat,maka seluruh peserta diklat dari 4 angkatan diklat tersebut semua dinyatakan SELESAI sesuai dengan ketentuan penilaian dan berhak untuk mendapatkan Sertifikat Tanda Selesai mengeikuti diklat teknis.Dan hal ini langsung disambut dengan tepuk tangan penuh suka cita oleh seluruh peserta.

     Pada bagian akhir acara tersebut, Kasubbag TU BDK Banjarmasin Drs. H. Abd.Manan mewakili Kepala BDK Banjarmasin yang berhalangan hadir karena sedang tugas diluar daerah mengucapkan selamat kepada seluruh peserta diklat karena telah mengikuti diklat dengan baik dan dinyatakan selesai oleh penyelenggara diklat.

    Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan pada seluruh peserta” semoga semua ilmu yang diperoleh selama mengikuti diklat ini dapat meningkatkan pengetahuan, kemampuan, serta kompetensi para penyuluh agama agar mampu menjalankan tugas dengan baik ditengah masyarakat / lingkungan kerja masing – masing “

      Kita semua berharap semoga apa yang menjadi harapan dan tujuan dari pelaksanaan diklat ini untuk menwujudkan penyuluh agama yang mampu menjadi suluh dan memberikan pengetahuan agama ditengah masyarakat dengan baik dan bisa menjaga ketentraman, persatuan, serta  kesatuan umat dan negara dapat tercapai… Aamiin