Top
    bdkbanjarmasin@kemenag.go.id
(0511) 4705071
SPIRIT MEMBACA AL QURAN

SPIRIT MEMBACA AL QURAN

Senin, 25 Oktober 2021
Kategori : Rumah Hikmah
58 kali dibaca

Oleh  :  Yasir Arafat HZ

“Dan sesungguhnya telah Kami mudahkan al quran untuk pelajaran,

maka adakah orang yang mengambil pelajaran?”

(QS. Al-Qamar:17)

 

Sebelum wafat Nabi Muhammad saw., sempat bersabda. “Kutinggalkan untukmu dua perkara (pusaka). Kalian tidak akan tersesat selama berpegang teguh kepada keduanya, yaitu (al quran) dan sunnah rasul-Nya”.  Keterangan tersebut selaras dengan firman Allah swt., pada surah al Baqarah ayat 2 yang artinya: “ Kitab (al quran) ini tidak ada keraguan padanya, petunjuk bagi mereka yang bertakwa.”

setiap ayat dan surah dalam al quran memiliki nilai-nilai yang bisa diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya selalu mengingat Allh swt., dalam semua keadaan, termasuk ketika mengalami kesulitan dalam hidup.

Meyakini bahwa Allah swt., akan selalu ada utuk semua makhluk-Nya dapat membantu seorang muslim melalui semua keadaan dan kondisi, sehingga menjadi manusia yang lebih baik. Tentunya, keyakinan harus dibarengi usaha yang maksimal dengan cara yang baik untuk segera menemukan solusi.

Berikut lima ayat dan surah dalam al quran untuk dzikir penenang hati, sebagaimana ditulis oleh  Rosmha Widiyani. (1) Al Insyirah ayat 6. “ Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” Ayat ini memberi semangat untuk selalu berusaha melakukan yang terbaik sesuai aturan dan ketentuan-Nya. Allah swt., tidak meninggalkan hamba-Nya yang telah melakukan usaha terbaik. (2) Ar Ra’ad ayat 24. “(Sambil mengucapkan) Selamat atas kamu dengan sabarmu. Maka alangkah baiknya tempat kesudahan itu”. Di ayat ini Allah swt., mengingatkan keuntungan yang diperoleh seorang hamba yang sabar saat dilanda kesulitan. Kesabaran dan usaha akan membawa seorang muslim ke kondisi yang lebih baik. (3) Ar Ra’ad ayat 28. “ (Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.” Dalam ayat ini, Allah swt., mengingatkan hamba-Nya untuk jangan pernah menjauh dari-Nya dalam menjalani kehidupan. Kesulitan yang sedang dihadapi jangan sampai mengakibatkan manusia jauh dari Allah swt. (4) Al Baqarah ayat 216. “ Diwajibkan atas kamu berperang padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagi kamu. Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.” (5) Al Baqarah ayat 186. “Dan apabila hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah) bahwasanya Aku dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepada-Ku. Maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.”

Sebagaimana yang ditulis oleh Rusman H. Siregar dalam artikelnya “ Jumlah Huruf Dalam Al Quran Menurut Imam Syafi’i.” Terdapat dalam kitab Majmu al Ulum wa Mathli’u an Nujum yang dikutip  oleh Imam Ibn ‘Arabi dalam mukaddimah Al Futahat al Ilahiyah, Imam Syafi’i menyatakan jumlah huruf dalam al quran sebanyak 1.027.000 ( Satu juta dua puluh tujuh ribu) huruf.

Seseorang yang rutin membaca al quran akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Rasulullah saw., bersabda.” Barangsiapa membaca satu huruf dari al quran, maka ia akan mendapatkan satu kebaikan dan dari  satu kebaikan itu berlipat menjadi sepuluh kebaikan. Aku tidak mengatakan Alif Laam Miim sebagai satu huruf, akan tetapi alif satu huruf, laam satu huruf dan miim satu huruf (HR.Bukhari)”.

Di masa pandemi covid 19 ini, mari kita lakukan tigal hal penting, agar puasa kita mendapat pahala yang berlipat tinggi. JD (Jaga Diri), JK (Jaga Kesehatan) dan JT (Jaga Tadarus).

 


Sumber : H.Yasir Arafat

Penulis : H.Yasir Arafat

Editor : Yusmadi

Berita Terkait

BERITA POPULER
BERITA TERBARU
ARSIP