Arahan plt. Kaban Litbang & Diklat Kemenag RI
  • 25 Juni 2020
  • 373x Dilihat
  • Berita

Arahan plt. Kaban Litbang & Diklat Kemenag RI

Untuk pertama kalinya Balai Diklat Keagamaan ( BDK ) Makassar melaunching Diklat Jarak Jauh ( DJJ ) Peningkatan Kompetensi Guru pada tanggal 01 Juni 2020. DJJ ini adalah merupakan kegiatan diklat yang dilakukan secara daring ( dalam jaringan ), dimana penyelenggara diklat dalam menyampaikan pembelajaran dan pengarahan dilaksanakan melalui jaringan internet dengan menggunakan aplikasi zoom, moodle, dan aplikasi pembelajaran dalam jaringan lainnya.

Tugas dan fungsi Balai Diklat Keagamaan yang utama adalah sebagai penyelenggara kediklatan ( Pelatiahan ) bagi ASN dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kemampuan Khususnya ASN kementerian Agama agar sesuai dengan kebutuhan dan standar yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Pada masa pandemic Covid-19 yang tengah melanda negara kita, maka pelaksanaan pelatihan secara klasikal ( tatap muka ) sementara tidak bisa dilaksanakan untuk pencegahan penyebaran Covid-19. Sehingga pelaksanaan kediklatan digantikan dengan Non klasikal atau secara daring dengan menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran yang memungkinkan untuk dipakai ( zoom. Google classroom, moodle…etc )

Pada Launching pembukaan diklat DJJ di BDK Makassar kali ini menghadirkan plt Kaban Litbang & Diklat kemenag RI Dr.H. Mahsusi, MM melalui aplikasi zoom untuk memberikan pembekalan awal sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan DJJ tersebut.

Dalam arahannya beliau menyampaikan “ Tujuan diklat / pelatihan salah satunya adalah untuk menghilangkan gap kompetensi diantara ASN, sehingga agar ASN tidak kadaluwarsa salah satu caranya adalah dengan tidak segan belajar memanfaatkan inovasi dan teknologi yang ada seperti yang digunakan pada kesempatan ini "

Selain itu beliau menekankan bahwa sikap yang harus ditanamkan pada ASN dalam pelaksanaan kediklatan adalah :

  1. Bangun kesadaran disiplin yang tinggi
  2. Bekerja professional
  3. Serius dalam mengikuti diklat / tidak ogah-ogahan
  4. Penguasaan IT
  5. Tidak malu belajar lagi dan mencintai tugas
  6. Berprestasi / mengutamakan mutu

Balai Diklat Keagamaan (BDK) Banjarmasin yang juga diundang untuk mengikuti acara Launching DJJ BDK Makassar melalui aplikasi zoom turut aktif menyaksikan dan mengikuti. Kepala BDK Banjarmasin Drs. Muhran, Kasubbag bp. TU Mukhiar, Kasi TTPK H. Zarkani, Kasi Diklat Adm. ibu Erna Zainah, beberapa Widyaiswara dan ASN lainnya dengan seksama mengikuti dan memperhatikan arahan yang dari plt Kaban Litbang & Diklat kemenag RI Dr.H. Mahsusi, MM

Semoga apa yang menjadi harapan plt. Kaban Litbang & Diklat kemenag RI yang disampaikan pada acara Launching ini untuk peningkatan kompetensi ASN kementerian Agama melalui pelaksanaan Diklat Jarak Jauh bisa terwujud….Aamiin