Bimbingan Teknis (BIMTEK) Open Journal Sistem (OJS) Widya Borneo BDK Banjarmasin
  • [web-admin | BDK Banjarmasin]
  • 24 Mei 2023
  • 132x Dilihat
  • Berita

Bimbingan Teknis (BIMTEK) Open Journal Sistem (OJS) Widya Borneo BDK Banjarmasin

Banjarbaru - Open Journal Sistem (OJS) adalah sistem manajemen / pengelolaan  jurnal dan penerbitan karya tulis ilmiah secara online. Jika sebelumnya karya tulis ilmiah diterima oleh pengelola jurnal berbentuk naskah yang ditulis dalam bentuk naskah fisik. Melalui OJS naskah yang diterima pengelola melalui secara online, semua proses reviewing, tracking, dan sebagainya hingga naskah karya tulis ilmiah tersebut diterima untuk diterbitkan dalam sebuah jurnal  dilakukan secara online (paperless).

Pengelolaan Karya Tulis Ilmiah dari berbagai pihak baik itu Widyaiswara maupun ASN Kementerian Agama khususnya dilingkup / wilayah kerja Balai Diklat Keagamaan (BDK) Banjarmasin beberapa tahun ini sudah dibangun dan dikembangkan oleh para pengelola OJS Widya Borneo BDK Banjarmasin. OJS Widya Borneo saat ini yang di ketuai oleh Rahmadani bersama pengelola lainnya telah berusaha untuk mengembangkan media ini agar bisa menjadi tempat bagi siapapun yang memiliki kapasitas, kemampuan, dan potensi yang dituangkan dalam bentuk karya Tulis Ilmiah agar bisa dipublish dan bermanfaat bagi siapapun yang membacanya. 

Untuk lebih meningkatkan pengetahuan dan kemampuan teknis bagi ASN dan pengelola OJS Widya Borneo BDK Banjarmasin lainnya, maka pada tanggal 23 Mei 2023 diselenggarakan Bimbingan Teknis (BIMTEK) Open Journal Sistem (OJS) dengan mendatangkan narasumber Priwahyudi, ST pengelola OJS Balitbang Diklat Kemenag RI .

Kepala BDK Banjarmasin DR.H.Khaeroni, S.Sos.M.Si dalam sambutannya pada acara pembukaan kegiatan ini antara lain mengatakan” Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang mulai dari awal membangun OJS Widya Borneo dan Tim pengelola saat ini yang diketuai bapak Rahmadani telah berjuang untuk membangun OJS Widya Borneo ini”. 

“Meski sempat stagnan (mandek), namun berkat kerja keras para pengelola saat ini OJS Widya Borneo sudah bangkit dan mampu berkembang sebagai sarana untuk menerima dan mempublish jurnal / karya Ilmiah dari berbagai penulis, dan semoga dalam waktu dekat bisa terakreditasi” tambah beliau. 

Bimtek ini diikuti oleh seluruh ASN, pimpinan / pejabat, dan Pengelola OJS Widya Borneo BDK Banjarmasin berlangsung di Aula Utama BDK Banjarmasin. Khusus untuk pengelola OJS Widya Borneo Priwahyudi pada sesi 2 Bimtek hari itu memberikan bimbingan dan arahan terkait hal-hal teknis operasional dan manajemen OJS sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hal ini penting guna memperlancar pengelolaan dan manajemen OJS Widya Borneo kedepannya.[]

Sumber: Humas BDK Banjarmasin