CAPACITY BUILDING BDK BANJARMASIN 2022
  • 31 Maret 2022
  • 256x Dilihat
  • Berita

CAPACITY BUILDING BDK BANJARMASIN 2022

Banjarmasin,30/03/2022/HumasBDKBanjarmasin

        Dengan mengambil lokasi di Rattan Inn Banjarmasin, pada tanggal 30 Maret 2022 seluruh warga Balai Diklat keagamaan (BDK) Banjarmasin mengikuti kegiatan Capacity Building (CB) selama 4 hari atau hingga tanggal 2 April 2022.

    Capacity Building sendiri merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh BDK Banjarmasin dalam rangka meningkatkan semangat, motivasi, kebersamaan, dan etos kerja serta menyamakan persepsi seluruh pegawai untuk bisa bekerja dengan semangat tinggi dan penuh motivasi untuk menyongsong tantangan kerja ke depan yang kompleks dan menjadi Tupoksi Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin

       Ketua Panitia kegiatan Capacity Building 2022 ibu Risdiyati dalam laporan panpel pada acara pembukaan tersebut menyampaikan “ kegiatan ini dilaksanakan mendadak meski sudah diagendakan beberapa waktu sebelumnya. Hal ini dikarenakan tuntutan serapan anggaran yang harus dicapai oleh BDK Banjarmasin sebelum semester 1 tahun ini harus minimal 75 % dari DIPA kita”

       Namun beliau berharap kegiatan ini akan tetap terselenggara dengan baik dan bisa mencapai tujuan yang ditetapkan dalam kegiatan ini. Kegiatan Capacity ini mengambil tema “ Optimalisai Peran ASN/NPASN BDK Banjarmasin Dalam Transformasi Digital Layanan Pelatihan”

       Acara Capacity Building ini diikuti sebanyak 63 peserta yang terdiri dari ASN BDK Banjarbaru serta perwakilan dari UIN Antasari Banjarmasin, Kanwil Kementerian Agama Propinsi Kalimantan Selatan, Balai Pelatihan Koperasi Propinsi Kalimantan Selatan, Kantor Kementeria Agama Kab. Banjar, Kantor Kementerian Agama Kota Banjarmasin, dan Kantor Kementerian Agama Kota Banjarbaru

     Dihadapan para peserta Capacity Building Drs. Muhran dalam sambutannya pada acara pembukaan CB 2022 ini mengatakan “ Ijinkan saya mengutip tulisan Erik dan Jared dalam bukunya yang berjudul “The new Digital Age” bahwa dalam sejarah planet ini, Internet lah eksperimen terbesar yang pernah dibangun manusia”

“ Saat ini setiap detik dan menit jutaan bahkan milyaran manusia menggunakan menyerap konten digital tak terhitung banyaknya baik yang positif maupun negative” tambah beliau

        Beliau menegaskan di era digital saat ini semua ASN untuk bisa melaksanakan tugasnya dengan baik harus memiliki kemampuan penguasaan IT. Sehingga para ASN suka tidak suka, mau tidak mau agar tidak tersingkir harus membekali diri dengan kemampuan penguasaan IT. Hal ini sesuai dengan Program Prioritas Kementerian Agama yang dilaunching oleh Menteri Agama program ke-4 yaitu Transformasi Digital. Dan hal ini lah yang menjadi dasar pemilihan tema Capacity Building “Optimalisai Peran ASN/NPASN BDK Banjarmasin Dalam Transformasi Digital Layanan Pelatihan” diatas. Pada akhir sambutannya, Kepala BDK Banjarmasin secara resmi membuka pelaksanaan kegiatan Capacity Building 2022 ini.

   

    Setelah pembukaan kegiatan CB ini, dilanjutkan dengan kegiatan penandatanganan Pakta Integritas seluruh ASN BDK Banjarmasin. Penandatangan ini diawali oleh Kasubbag TU Bp. Mukhiar, Kasi Diklat TTPK H. Zarkani, dan Plt.Kasi Diklat Tenaga Administrasi ibu Risdiyati dihadapan Kepala BDK Banjarmasin disaksikan oleh seluruh peserta CB.

      Pada bagian akhir kegiatan acara pembukaan ini dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama seluruh ASN/NPASN di Wall Komitmen Bersama dimulai oleh Kepala BDK Banjarmasin kemudian diikuti seluruh ASN/NPASN BDK Banjarmasin.

       

      Seluruh rangkaian acara pembukaan CB ini ditutup dengan sesi foto bersama seluruh pimpinan / pejabat, JFT dan JFU, NPASN, dan seluruh peserta perwakilan dari Satker Undangan.