Kepala BDK Banjarmasin Terima Kunjungan Duta Rumah Belajar Prov. Kalimantan Timur Tahun 2021
  • 24 Desember 2021
  • 249x Dilihat
  • Berita

Kepala BDK Banjarmasin Terima Kunjungan Duta Rumah Belajar Prov. Kalimantan Timur Tahun 2021

//BDKBanjarmasin/Banjarbaru,23 Desember 2021

     Kepala Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin menerima Kunjungan Duta Rumah Belajar Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2021, Kamis, 23 Desember 2021. Rizka Ulfia Rifa’atul Janah, S.Pd terpilih sebagai Duta Rumah Belajar Tahun 2021 perwakilan Provinsi Kalimantan Timur. Rizka, Guru MTsn 3 Paser merupakan satu-satunya guru dari kementerian Agama yang terpilih menjadi Duta Rumah Belajar. Dalam kunjungan ini, Rizka sebagai Duta Rumah Belajar memaparkan sejumlah program/kegiatan yang akan dilaksanakan, yang salah satunya adalah Webinar Pembelajaran yang bekerja sama dengan Widyaiswara BDK Banjarmasin.

     Duta Rumah Belajar adalah guru-guru terpilih yang merupakan perpanjangan tangan dari Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud) dalam melakukan sosialisasi pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) di masing- masing provinsinya.

  Tahapan pelaksanaan pemilihan Duta Rumah Belajar melalui Program PemBaTik, yaitu Pembelajaran berbasis TIK yang merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK bagi guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaiti level literasi, implementasi, kreasi dan berbagi (4i leveling). Guru yang mencapai level 4 ini hanya ada 30 peserta saja di setiap provinsi di Indonesia dan semua peserta berasal dari provinsi yang sama. Ke 30 peserta ini di sebut sebagai SRB atau Sahabat Rumah Belajar yang kemudian harus bertugas untuk mensosialisakan/mempromosikan portal Rumah Belajar di daerahnya. SRB terbaik akan dinobatkan menjadi Duta Rumah Belajar tahun 2021 mewakili provinsinya.

     Kepala BDK Banjarmasin,Drs.Muhran memberikan dukungan atas program kerja Rizka selaku Duta Rumah Belajar Tahun 2021 perwakilan dari Kalimantan Timur. Drs. Muhran juga menyampaikan apresiasi atas prestasi Rizka ini, Terutama kepada Kakanwil Kemenag Prov. Kalimantan Timur Drs.H.Maswrawan,M.Ag, Kabid Penmad Kanwil Kemenag Prov. Kaltim Drs.H.Hakimin,MM, Kepala Kankemenag Kab. Paser Drs. H. Maslekhan dan Kepala MTsN 3 Paser H.Subhan Walad,S.Pd.I. Semoga dengan prestasi sebagai Duta Rumah Belajar ini dapat mengangkat prestasi pendidikan Madrasah sehingga dapat bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya.