PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI PENYULUH/PENGHULU DI KAB.TAPIN (KAL-SEL)
  • 18 Januari 2022
  • 210x Dilihat
  • Berita

PELATIHAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI PENYULUH/PENGHULU DI KAB.TAPIN (KAL-SEL)

Tapin (17/01/2022)

     Mengawali kegiatan penyelenggaraan pelatihan Balai Diklat Keagamaan (BDK) Banjarmasin di tahun 2022 ini, salah satunya adalah yang dialksanakan di Kabupaten Tapin, yaitu pelatihan karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi Penyuluh / Penghulu.

(Upacara Pembukaan pelatihan KTI bagi Penyuluh / Peghulu di Kankemenag Kab.Tapin)

      Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama kabupaten Tapin dan berlangsung mulai tanggal 17 hingga 22 Januari 2022.Pelatihan ini diikuti oleh para penyuluh / Penghulu fungsional yang berjumlah sebanyak 30 orang peserta dari wilayah dan unit kerja kankemenag Kab.Tapin.

( Ketua Panitia pelaksana Riva Ratna Sari memberikan laporan panitia pelaksana)

     Pelatihan ini adalah sebuah pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan bagi para penyuluh / penghulu mengenai bagaimana metode,teknik, dan proses untuk membuat karya tulis Ilmiah. Karya Tulis Ilmiah tersebut merupakan karya tulis yang mempunyai kandungan keilmuan yang pastinya banyak bermanfaat bagi masyarakat luas.

( Kepala Kemenag Kab.Tapin H. Mahrus memberikan sambutan pada acara pembukaan pelatihan)

      Pelaihan ini dibuka langsung oleh kepala Kemenag Kab.Tapin H. Mahrus, dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada BDK Banjarmasin karena berkenan memberikan pelatihan kepada para penyuluh / penghulu yang ada dilingkungan Kantor Kemenag kab. Tapin.

“ Seorang penyuluh atau penghulu dalam pelaksanaan tugasnya sehari-hari adalah ASN yang mengabdi dan berhubungan langsung pada masyarakat. Saya yakin mereka banyak memiliki potensi keilmuan dan pengetahuan yang bermanfaat “ kata beliau.

“Melalui pelatihan ini kami berharap para penyuluh dan penghulu akan mampu membuat karya tulis yang nantinya akan dibaca dan dilihat oleh masyarakat serta memberi bermanfaat untuk menambah pengetahuan masyarakat” tambah beliau

    Selama 6 hari pelatihan ini para penyuluh / penghulu akan diajak bersama-sama oleh para widyaiswara (narasumber ) untuk membuat karya tulis ilmiah yang digali dari berbagai masalah / hal-hal terkait kegiatan tugas jabatan mereka sehari-hari dengan dilandasi aspek-aspek keilmuan dan keagamaan yang baik sesuai kaidah-kaidah keilmuan.

( para peserta pelatihan sedang mengikuti acara pembukaan pelatihan )

     Tim panitia pelaksana dari BDK Banjarmasin terdiri dari Riva Ratna Sari (Ketua), Mujiono (Akademis), Marwani (Sekertaris), serta H. Mansur  dan Anang Nazaruddin (Widyaiswara) sebagai narasumber yang akan menyampakan materi-materi inti pada pelatihan ini.

        Selain itu nantinya ada beberapa materi-materi Dasar yang akan disampaikan oleh Kepala BDK Banjarmasin dan Kepala Kankemenag Kab. Tapin menyangkut kebiajkan-kebijakan pemerintah menyangkut Tupoksi dan Sumber Daya Manusia (SDM) kementerian Agama