PELATIHAN METODOLOGI PEMBELAJARAN BAGI GURU DI KAB. BARITO UTARA ( KAL-TENG )
  • 11 September 2021
  • 408x Dilihat
  • Berita

PELATIHAN METODOLOGI PEMBELAJARAN BAGI GURU DI KAB. BARITO UTARA ( KAL-TENG )

     Setelah masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) diwilayah Kalimantan Tengah yang berakhir pada tanggal 5 September 2021, maka Tim dari Balai Diklat Keagamaan (BDK) Banjarmasin bertolak menuju Kabupaten Barito Utara Kalimantan Tengah untuk melaksanakan kegiatan pelatihan diwilayah tersebut.

     Tim BDK Banjarmasin yang terdiri dari Idea Hudaya S.Ag (Ketua), Mujiono,S.Sos.S.IPI dan Yusmadi, SE.MM (Anggota) serta H. Yasir Arafat, S.Pd.M.Pd dan Drs. H. Mansur, M.Pd.I ( Widyaiswara ) ditugaskan oleh kepala BDK Banjarmasin untuk menyelenggarakan Pelatihan Metodologi pembelajaran bagi Guru di wilayah kerja kantor Kementerian Agama Kabupaten Barito Utara mulai tanggal 6 sampai 11 September 2021.

     Acara pembukaan pelatihan yang diselenggarakan di Kantor Kementerian Agama Kab. Barito Utara dibuka langsung oleh Kepala Kankemenag Kab. Barito Utara H. Muhammad Yusi Abdhian, M.HI serta dihadiri pula oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Almubasir, S.Pd.I, unsur Pengawas madrasah, unsur pegawai, panitia penyelenggara, dan para peserta.

     Dalam sambutan pada acara pembukaan pelatihan tersebut H. Muhammad Yusi Abdhian, M.HI menyampaikan rasa terima kasih kepada BDK Banjarmasin yang memilih dan menetapkan Kabupaten Barito Utara sebagai tempat pelaksanaan pelatihan.

“ Kita semua khususnya para guru sangat beruntung karena guru-guru di wilayah kankemenag Barito Utara akan mendapatkan pelatihan yang bermanfaat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi yang akan sangat berguna untuk melaksanakan tugas sebagai pengajar nantinya” kata beliau.

“ kami berharap para peserta pelatihan agar bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini, karena ini merupakan sebuah amanat. Dan semoga ilmu yang didapat selama pelatihan ini dapat dipergunakan dan ditularkan kepada rekan-rekan di sekolah atau madrasah masing-masing” tambah beliau

 

      Pelatihan metodologi Pembelajaran ini diikuti oleh sebanyak  30 orang peserta yang terdiri dari 12 guru PNS dan 18 guru Non PNS (Honorer) yang mengampu berbagai macam spesialisasi mulai guru kelas serta guru mata pelajaran ( IPA, Ekonomi, Penjaskes, PPKN, IPS, tik dan lainnnya )

     Unsur pengajar / Narasumber yang memberikan materi pada pelatihan ini terdiri dari unsur Struktural dari Kantor kementerian Agama Kab. Barito Utara dan Balai Diklat Keagamaan Banjarmasin yang memberikan Materi Dasar,Widyaiswara BDK Banjarmasin yang memberikan materi Inti, dan Unsur BPBD Kab. Barito Utara yang memberi materi tambahan yaitu Penanggulangan dan Pencegahan Covid19.

     Kita semua berharap pelatihan ini akan mampu meningkatkan pengetahuan dan kompetensi para guru khususnya di wilayah kerja Kantor Kementerian Agama kab. Barito Utara agar memiliki kompetensi sesuai standar yang diharapkan serta mampu meningkatkan kualitas dan mutu pembelajaran pada siswa di sekolah masing-masing