PELATIHAN PEMBELAJARAN TEMATIK GURU RAUDATUL ATHFAL DAN MADRASAH IBTIDAYAH DILINGKUNGAN KANKEMENAG KOTA TARAKAN TAHUN 2022
  • 20 Mei 2022
  • 122x Dilihat
  • Berita

PELATIHAN PEMBELAJARAN TEMATIK GURU RAUDATUL ATHFAL DAN MADRASAH IBTIDAYAH DILINGKUNGAN KANKEMENAG KOTA TARAKAN TAHUN 2022

TARAKAN - Banyaknya jumlah Madrasah Raudatul Athfal (RA) dan Madrasah Ibtidayah (MI) khususnya di lingkungan kerja Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan (kalimantan Utara) menunjukan banyaknya tenaga pengajar atau guru yang mengabdi / mengajar para siswa di madarasah-madrasah tersebut. Dalam rangka meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah masing-masing diarasa perlu para guru mendapatkan peningkatan kompetensi dan kemampuan mereka.

Menyadari kondisi tersebut jajaran pimpinan pada Kantor Kementerian Agama Kota Tarakan bekerja sama dengan Balai Diklat Keagmaan (BDK) Banjarmasin mulai tanggal 20 – 25 Mei 2022 ( 6 hari pelatihan ) menyelenggarakan pelatihan sebanyak 2 angkatan yaitu Pelatihan pembelajaran Tematik untuk guru RA dan MI di Lingkungan Kankemenag Kota Tarakan.

Madrasah RA dan MI yang ada di lingkungan Kankemenag Kota Tarakan seluruhnya adalah madrasah swasta (Non Negeri), sehingga para peserta yang diikutkan dalam pelatihan 2 angkatan inipun sebagian besar pesertanya adalah Non PNS / Honorer, sedangkan peserta yang PNS sangat sedikit ( Peserta PNS pada RA sebanayak 2 orang dan peserta PNS pada MI sebanyak 5 orang).

Acara pembukaan pelatihan 2 angkatan tersebut dilaksanakan di aula kankemenag Kota Tarakan dan dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan “Indonesia Raya” oleh seluruh peserta dan dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al qur’an oleh perwakilan peserta.

Selanjutnya  disampaikan laporan panitia penyelenggara oleh ketua Panitia ibu Riva Ratna Sari dari BDK Banjarmasin. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal terkait pelatihan ini baik itu menyangkut dasar hukum pelaksanaan, anggaran, system pembelajaran, materi, narasumber, hingga system penilaian kelulusan yang diterapkan.

Pada acara pembukaan pelatihan 2 angkatan tersebut, kepala Kankemenag Kota Tarakan H.M. Shaberah, S.Ag.MM dalam sambutannya  antara lain mengatakan “ bapak ibu yang telah ditugaskan untuk mengikuti pelatihan Pembelajaran Tematik guru RA dan MI sekalian kami harap bersyukur karena diamanahkan untuk menjadi peserta pada pelatihan ini. Meskipun di kota Tarakan ini kebanyakan guru pengajarnya adalah Non PNS dan madrasah kita semua juga masih swasta namun kami berharap tidk mengurangi semangat para guru untuk bisa menyelenggarakan pembelajaran dengan maksimal dan berkualitas”.

“ Tak lupa kami atas nama seluruh warga kankemenag Kota Tarakan mengucapkan terima kasih kepada BDK Banjarmasin yang telah menetapkan lingkungan Kankemenag Kota Tarakan sebagai lokasi diselenggarakannya pelatihan ini. Dan kami berharap para peserta semua bisa menimba ilmu sebanyak-banyaknya dari para narasumber pelatihan ini agar bisa menambah dan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan kompetensi para guru sekalian” tambah beliau.

Diakhir sambutannya Kepala kankemenag Kota Tarakan berkenan membuka secara resmi dimulainya penyelenggaraan pelatihan Pembelajaran Tematik untuk Guru RA dan MI di lingkungan Kankemenag Kota Tarakan serta ditutup dengan penyematan tanda /ID peserta pelatihan secara simbolis kepada 2 orang dari perwakilan guru RA dan MI. [yos/humasBDKBJM]