PELATIHAN PENGGERAK PENGUATAN MODERASI BERAGAMA BAGI PENYULUH AGAMA KOTA BALIKPAPAN
  • 29 Juni 2022
  • 139x Dilihat
  • Berita

PELATIHAN PENGGERAK PENGUATAN MODERASI BERAGAMA BAGI PENYULUH AGAMA KOTA BALIKPAPAN

BDKBJM - Kota Balikpapan adalah salah satu kota di wilayah regional Kalimantan yang memilki pluralisme atau tingkat keberagaman yang sangat tinggi khususnya dalam hal kehidupan umat beragama. Di Kota Balikpapan semua agama resmi yang diakui oleh Negara hidup rukun dan damai dengan tingkat toleransi yang tinggi antar sesama pemeluk atau umat beragama.Kedamaian dan toleransi yang sudah terbangun selama ini ditengah kehidupan masyarakat Kota Balikpapan harus tetap dirawat, dijaga, dan dipelihara.

Mengacu pada kondisi diatas Balai Diklat Keagamaan (BDK) Banjarmasin bekerja sama dengan Kantor Kementerian Agama Kota Balikpapan mulai 24 – 29 Juni 2022 menyelenggarakan Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama (PPMB) untuk para penyuuh agama yang ada diwilayah kerja Kankemenag Kota Balikpapan.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap / kinerja para penyuluh agama agar memiliki kemampuan dan kompetensi sebagai penggerak dalam rangka menjaga, merawat, dan meningkatkan moderasi beragama.

Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan di Aula MTsN 1 Kota Balikpapan dan berlangsung selama 6 hari kegiatan mulai tanggal 24 – 29 Juni 2022. Acara pembukaan pelatihan ini dihadiri oleh Kasubbag Tata Usaha Kankemenag Kota Balikpapan H. Msrivani, S.Ag.M.H, Tim PDWK dari BDK Banjarmasin yang diketui oleh H. Zarkani, S.Sos. MAP dan anggota ( Yusmadi dan M. Irfan Saputra ), H. Humaidi dan H.Mansur (Widyaiswara BDK Banjarmasin), Pimpinan MTsN1 Balikpapan, serta seluruh peserta pelatihan.

Dalam sambutannya H. Zarkani sebagai ketua Tim menyampaikan rasa terima kasih atas kerja sama dan bantuan seluruh pihak terutama dari unsur pimpinan pada Kankemenag Kota Balikpapan  sehingga pelatihan ini bisa terselenggara. Beliau juga antara lain menyampaikan “Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap / kinerja para penyuluh agama agar mampu melaksanakan tugas sebagai penyuluh agama pada lingkup masing-masing sehingga mampu menjadi motor penggerak untuk menjaga dan meningkatkan moderasi beragama agar tercipta kehidupan antar umat beragama yang semakin harmonis dan damai di tengah masyakat.”

Sambutan berikutnya dan juga sebagai pembekalan awal bagi peserta pelatihan disampaikan oleh H. Masrivani. Dalam sambutannya beliau menyampaikan terima kasih kepada BDK Banjarmasin karena telah memilih para penyuluh agama yang ada di wilayah kerja kankemenag Kota Balikpapan untuk mendapatkan pelatihan yang sangat bermanfaat ini.

Beliau juga antara lain menyatakan “Kami berharap bapak ibu peserta pelatihan bersyukur bisa terpilih untuk menjadi peserta pelatihan ini. Karena dalam pelatihan ini bapak ibu akan diberikan penghetahuan dan pemahaman serta akan ditingkatkan keterampilannya sebagai penyuluh agama agar mampu melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya di lingkungan masing-masing”

Oleh karena itu beliau berharap para peserta semuanya untuk bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan ini agar apa yang diharapkan dari tujuan pelatihan ini bisa tercapai.

Dalam akhir sambutannya beliau secara resmi membuka secara resmi dimulainya pelaksanaan pelatihan Pneggerak Penguatan Moderasi Beragama (PPMB) di Lingkungan Kankemenag kota Balikpapan, dan beliau berkenan menyematkan ID Peserta kepada 2 orang perwakilan penyuluh agama dari agama Islam dan Kristen.

Pelatihan  PPMB ini diikuti sebanyak 30 orang peserta yang terdiri dari 5 orang penyuluh agama Katolik, 2 orang penyuluh agama Hindu, 1 orang penyuluh agama Buda, 9 orang penyuluh agama Kristen, dan 14 orang penyuluh agama Islam. [humas-bdkbjm/yusmadi]