PEMBUKAAN PELATIHAN JARAK JAUH (PJJ) TAHAP.I TAHUN 2022
  • 18 Januari 2022
  • 352x Dilihat
  • Berita

PEMBUKAAN PELATIHAN JARAK JAUH (PJJ) TAHAP.I TAHUN 2022

Banjarbaru (18/01/2022)

      Balai Diklat Keagamaan (BDK) Banjarmasin mengawali program pelaksanaan pelatihan tahun 2022 ini dengan menyelenggarakan 9 pelatihan, yaitu 5 pelatihan yang dilaksanakan di wilayah kerja (PDWK) yaitu di kabupaten Tapin, Banjar, Hulu Sungai Selatan, dan Kabupaten Hulu Sungai Utara dan 4 pelatihan jarak jauh (PJJ).

Semua pelatihan yang diselenggarakan tersebut dilaksanakan pembukaanya pada tanggal 17 januari 2022.

      Pelatihan jarak Jauh yang dilaksanakan yaitu PJJ pendekatan Saintifik dalam pembelajaran, Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Penyuluh/Penghulu, Metodologi Pembelajaran, dan Al Qur’an Hadist MI.

     Pada acara pembukaan 4 Pelatihan jarak Jauh (PJJ) yang dilaksanakan di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Banjarmasin dibuka dengan penyampaian laporan panitia pelaksana yang disampaikan oleh Kasi TTPK BDK Banjarmasin H. Zarkani, beliau menyampaikan tujuan, sasaran, dasar hukum, metode pembelajaran, administrasi, dan system penilaian dalam PJJ ini.

     Kepala BDK Banjarmasin Drs. Muhran dalam sambutannya antara lain menyampaikan “ BDK Banjarmasin pada awal tahun 2022 ini secara bersamaan melaksanakan 9 pelatihan, terdiri dari 5 PDWK dan 4 PJJ” Kata beliau.

“ Kami berharap para ASN Kementerian Agama harus sering-sering membuka regulasi dan peraturan pemerintah menyangkut tugas jabatan dan tupoksi nya agar kita semua memahami landasan kita dalam melaksanakan tugas jabatan kita “ ujar beliau.

“ para ASN saat ini juga harus mulai meningkatkan kompetensinya dan pengetahuannya khususnya bidang IT, karena dalam situasi sejak pandemic berlangsung, banyak aspek dalam pelaksanaan tugas sehari-hari ASN harus dilakukan menggunakan IT. Contohnya dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah yang secara daring.PJJ ini pun dilaksanakan dengan sistem daring (dalam jaringan). Kami berharap jangan sampai kita tertinggal dalam penguasaan IT ini agar kita tetap bisa melaksanakan tugas kita” tambah beliau.

      Acara pembukaan PJJ ini dilakukan secara daring dengan menggunakan aplikasi zoom meeting dan diikuti oleh seluruh peserta PJJ  4 pelatihan dari hamper seluruh Satuan kerja dibawah wilayah kerja BDK Banjarmasin dari 4 Propinsi ( Kalimantan Selatan, Tengah, Timur, dan Utara )

     PJJ ini dimulai tanggal 17 sampai 29 januari 2022 atau 12 hari pembelajaran. Adapun yang bertindak sebagai narasumber adalah Widyaiswara dari BDK Banjarmasin yang akan memberikan materi-materi Inti dan para pejabat kementerian Agama baik dari Pusat maupun dari BDK Banjarmasin untuk mengampu materi-materi dasar.

        Semoga pelatihan Jarak jauh (PJj) ini akan berlangsung dengan lancar dan tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kompetensi para peserta dapat tercapai