PENINGKATAN KUALITAS PRASARANA DI BDK BANJARMASIN DEMI LAYANAN KEDIKLATAN YANG LEBIH BAIK
  • [web-admin | BDK Banjarmasin]
  • 13 Juli 2023
  • 201x Dilihat
  • Berita

PENINGKATAN KUALITAS PRASARANA DI BDK BANJARMASIN DEMI LAYANAN KEDIKLATAN YANG LEBIH BAIK

Banjarbaru - Banyak faktor yang mendukung maksimalnya pelayanan kediklatan yang diselenggarakan di Balai Diklat Keagamaan (BDK) Banjarmasin, antara lain penyelenggara, panitia pelaksana, materi kediklatan, metode pelatihan yang digunakan, sarana prasarana pendukung, serta lingkungan   pelatihan. Salah satu faktor yang mendukung pelayanan yang baik dalam kediklatan di atas adalah adanya sarana pendukung dan lingkungan pelatihan yang berkualitas pula. 
Selama beberapa tahun terakhir kondisi sarana dan lingkungan sekitar BDK Banjarmasin mengalami penurunan kualitas. Hal ini ditunjukkan dengan genangan air yang cukup dalam ( antara 20 – 40 cm) setiap kali terjadi hujan mengguyur. Genangan air tersebut hampir menggenangi seluruh halaman, lapangan upacara, hingga jalan di sekitar lingkungan BDK Banjarmasin. Hal ini disebabkan antara lain tersumbatnya drainase / gorong-gorong pembuangan air, rendahnya ketinggian halaman dan jalan dibanding jalan A. Yani, tidak lancarnya pembuangan di alur keluar drainase di sepanjang jalan Utama A. Yani di depan perkantoran, tidak maksimalnya penampungan buangan air / resapan untuk menampung air hujan, serta kondisi dasar tanah dilingkungan BDK Banjarmasin yang merupakan tanah rawa/gambut.
Hal tersebut tentu saja sangat tidak mendukung bahkan mengganggu kelancaran pelayanan kediklatan, karena bila terjadi genangan air di sekitar area BDK Banjarmasin mobilitas, perjalanan, dan hilir mudik peserta dan penyelenggara pelatihan menjadi terhambat dan terganggu.
Setelah sekian kali melakukan koordinasi dan konsultasi dengan berbagai pihak terkait baik itu dari unsur Balitbang Diklat Kemenag RI, Pemerintah daerah Kota Banjarbaru, pemerintah provinsi Kalimantan Selatan, dan pihak-pihak terkait lainnya, maka Pimpinan BDK Banjarmasin pada bulan Juni 2023 melaksanakan proyek peningkatan sarana dan lingkungan berupa pembuatan sumur resapan, perbaikan Drainase, dan peninggian halaman, dan jalan di lingkungan BDK Banjarmasin. Adapun rekanan yang ditunjuk  melaksanakan proyek tersebut adalah CV. INTAN SARI. [humas bdkbjm/yusmadi]