TOLERANSI, SALING MENGHORMATI DAN MENGAHARGAI KEBERAGAMAN; KUNCI MODERASI BERAGAMA ( H. MASTUKI, KAPUSDIKLAT TTPK KEMENAG RI)
  • BDK Banjarmasin
  • 8 April 2023
  • 273x Dilihat
  • Berita

TOLERANSI, SALING MENGHORMATI DAN MENGAHARGAI KEBERAGAMAN; KUNCI MODERASI BERAGAMA ( H. MASTUKI, KAPUSDIKLAT TTPK KEMENAG RI)

   Moderasi Beragama merupakan program prioritas pemerintah terkini (Khususnya Kementerian Agama) dalam rangka merawat dan memelihara keharmonisan kehidupan berbangsa agar tercipta kedamaian dan kerukunan serta kerja sama antar semua elemen bangsa untuk bersama-sama bersinergi membangun Negara.

     Balai Diklat Keagamaan (BDK) Banjarmasin dalam program pelatihan yang dilaksanakan secara Reguler (on Campus) pada tanggal 3 s/d 8 April 2023 lalu untuk 4 angkatan yaitu Pelatihan Penggerak Penguatan Moderasi Beragama (PPMB) Bagi Tenaga Administrasi, Kehumasan, Penyuluh, dan Penghulu se Kalimantan Selatan, Tengah, Timur dan Utara dengan peserta sebagnyak 120 orang.

    Kapusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan & Keagamaan (TTPK) Kemenag RI DR. H.Mastuki, M.Ag yang menjadi salah satu Narasumber (untuk Materi Dasar) dalam pelatihan ini, pada salah satu Sesi pembelajaran di Kelas PPMB Tenaga Penyuluh Agama antar lain mengatakan “ Kunci Moderasi Beragama adalah Toleransi, saling menghormati,dan menghargai keberagaman yang ada di Indonesia. Dengan adanya hal tersebut pasti kita semua pasti akan bisa menjauhi sikap eksklusivisme maupun ekstremisme kelompok atau RAS tertentu”

    Beliau juga mengatakan bahwa semua perbedaan dan keberagaman yang ada baik suku, agama, bahasa, adat istiadat, warna kulit, tradisi, makanan, tempat tinggal dan lain sebagainya adalah Nature Law atau Ketetapan Tuhan atas semua ciptaanya. Jadi jangan dipertentangkan atau menjadi bahan permusuhan, Malah seharusnya menjadi modal dan perekat untuk bisa saling mengenal, menghargai, dan bekerjasama sebagai sesama warga negara membangun Indonesia menjadi lebih baik di masa mendatang

SALAM MODERASI BERAGAMA